Skip to main content

Menjadi Seorang Ibu Rumah Tangga atau Jadi PNS?

Menikah dan memiliki keluarga yang bahagia, sakinah mawadah warohmah adalah dambaan bagi setiap perempuan.

menjadi ibu rumah tangga apa jadi pns

Namun pada kenyataannya tidaklah seindah yang dibayangkan. Seorang perempuan memiliki peran yang begitu besar dan kompleks ketika mereka memasuki jenjang perkawinan.

Mereka dituntut untuk menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga yang bertanggungjawab atas keluarga, anak-anak dan yang paling utama atas keutuhan rumah tangga.

Akan tetapi kaum perempuan juga memiliki keinginan yang besar untuk memulai sebuah pekerjaan dan berkarir, atau untuk terus meniti karir yang telah lama ia rintis.

Hingga akhirnya banyak dari kaum perempuan "dipaksa" untuk memilih. Memilih karir atau keluarga?

Menentukan pilihan antara keluarga dan karir memang bukanlah perkara yang mudah bagi mereka yang sedang menghadapinya.

Baca: Atur Budget Hobby Suami, Agar Keuangan Keluarga Tidak Jebol

Ibu Rumah Tangga atau PNS?


Disatu sisi, dorongan semangat dalam bekerja dan meniti karir begitu kuat, apalagi karir yang dirintis sudah sejak dulu.

Disisi lainnya, tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga ikut berontak didalam dada mengalahkan dorongan untuk memilih dalam berkarir.

Sebagai perempuan kita memang sering menghadapi posisi untuk harus memilih antara keluarga atau karir.

Ada banyak alasan mengapa perempuan berkarir dan bekerja meskipun sudah berumah tangga. Diantara banyak alasan tersebut, yang paling umum ditemui adalah karena mereka ingin memiliki penghasilan sendiri.

Tidak hanya berpangku pada suami, sambil berharap semoga dapat membantu meringankan beban suami.

Adapula yang beralasan karena ingin memanfaatkan ilmu yang telah mereka dapatkan selama kuliah dulu, juga karena ingin menghilangkan kejenuhan, dll.

Sebenarnya sebagai perempuan, apapun pilihan kita tidak ada yang salah, selama kita dapat bertanggung jawab dengan apa yang telah kita pilih.

Bahkan, sebenarnya kita bisa tidak harus memilih, atau dengan kata lain kita memilih keduanya.

Namun, untuk memilih keduanya ada beberapa kriteria yang harus kita penuhi.

Diantaranya adalah jenis pekerjaannya, terutama yang menyangkut dengan waktu, jarak dan tempat pekerjaannya.

Dan menurut Saya, salah satu pekerjaan yang saat ini sangat mungkin untuk kita pilih sebagai ibu rumah tangga adalah menjadi PNS.

Iya, menjadi PNS.

Mengapa PNS?


Ada banyak alasan juga mengapa menjadi PNS adalah sebuah pilihan yang tepat bagi seorang ibu rumah tangga. Dan alasan yang sudah menjadi rahasia umum dinegeri ini adalah PNS tidak mudah untuk dipecat.

Apalagi sekarang, pemerintah sedang mewacanakan tentang PNS yang tidak harus pergi kekantor untuk bekerja, yang artinya PNS bisa bekerja dirumah.

Dan jika wacana itu memang benar-benar terealisasi, maka tidak ada alasan bagi kita untuk memilih diantara dua pilihan.

Kita bisa memilih keduanya, bekerja sambil menjadi ibu rumah tangga.

Salah satu kemudahan yang diberikan oleh pemerintah kepada PNS, terutama PNS perempuan adalah kita bisa memilih untuk bekerja ikut suami.

Yang artinya, jika suami terkena mutasi atau pindah tugas, kita juga bisa memilih untuk pindah tugas dengan alasan ikut suami, yakni pindah tugas ketempat atau kota dimana suami kita bertugas ditempat yang baru.

Jika berbicara tentang penghasilan, profesi PNS kini tidak lagi bisa dipandang sebagai profesi kelas 2 seperti dulu.

Profesi PNS sekarang ini telah menjadi profesi yang paling banyak diminati oleh para pencari kerja di tanah air.

Sebab kini, gaji seorang PNS sama atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan gaji pegawai-pegawai swasta lainnya.

Oleh karena itu, menjadi PNS adalah salah satu pilihan yang paling tepat bagi kita kaum perempuan yang telah berumah tangga.

Dan saat ini, sebagaimana telah kita ketahui, pemerintah sedang membuka penerimaan cpns. Menurut informasi yang ada, jumlah lowongan cpns yang dibuka kurang lebih sekitar 150ribu formasi.

Sedangkan jumlah pesertanya, mencapai lebih dari 4 juta pelamar. Jadi bisa kita bayangkan betapa besar animo masyarakat untuk menjadi PNS ini.

Jadi, sebagai ibu rumah tangga, tentu tidak salah jika kita juga ikut mendambakan untuk menjadi seorang aparatur sipil negara atau PNS.

Percayalah, saya mengatakan ini semua karena Saya sedang menjalaninya, bahkan kini sudah lebih dari delapan tahun saya menjalani profesi sebagai PNS sekaligus sebagai ibu rumah tangga.

Memang, semua tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita bayangkan, namun seiring berjalannya waktu, hingga saat ini tidak ada suatu kendala yang berarti didalam pekerjaan saya sebagai PNS dan juga status saya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Baca: Cara Mendapatkan Uang Tambahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Percayalah apapun kendala yang akan kita hadapi nanti terkait dengan pilihan kita untuk bekerja sebagai PNS, pasti ada jalan keluarnya.

Akan tetapi sebagai ibu rumah tangga, sebelum Anda memutuskan untuk bekerja dan menjadi PNS, akan lebih baik dan lebih utama untuk didiskusikan dengan suami Anda.

Sebab, bagaimanapun juga, sebagai ibu rumah tangga, mendapatkan restu dan ridho suami adalah lebih utama dibandingkan yang lainnya.

Jika suami telah memberikan restu, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba untuk menjadi PNS.

Nah, bagi Anda seorang ibu rumah tangga yang telah memutuskan untuk mencoba bersaing dengan jutaan pelamar lainnya dan telah mendaftarkan diri serta lolos seleksi awal, yakni seleksi administrasi cpns tahun ini, ada baiknya Anda mempersiapkan diri Anda dengan semaksimal mungkin.

Jika Anda bersungguh-sungguh ingin jadi PNS, jangan hanya berpikir untuk mengadu nasib dan ajang coba-coba, tapi belajarlah yang giat dan tetap optimis.

Anda bisa belajar dari buku-buku pembahasan contoh-contoh soal cpns yang banyak dijual ditoko-toko buku.

Atau Anda bisa mengikuti kursus dan bimbel mempersiapkan diri untuk lulus jadi PNS.

Bahkan Anda juga bisa belajar sendiri, dengan mencari contoh soal cpns sendiri, yang saat ini sudah banyak bertebaran di internet.

Cukup ketikkan kata kunci soal cpns, contoh soal cpns, dan lain sebagainya, maka Anda akan melihat banyak sekali contoh-contoh soal cpns disana.

Namun, Anda harus selektif, dari sekian banyak contoh soal cpns yang ada, tidak semua situs yang memberikan contoh soal cpns beserta kunci jawabannya, apalagi yang disertai dengan pembahasan beserta tips dan trik dalam menjawabnya.

Nah, saya menganjurkan dan merekomendasikan Anda untuk belajar soal cpns secara online disitus awambicara.id .

Disana, ada banyak sekali jenis dan bentuk contoh cpns, selain itu situs tersebut melengkapi contoh soalnya dengan kunci jawaban beserta pembahasan dan tips, trik dalam menjawabnya.

Kejar cita-cita Anda. Jangan jadikan status kita sebagai ibu rumah tangga menghalangi keinginan kita untuk bekerja dan menjadi PNS. Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar