Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang Tambahan untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga atau jika di barat disebut dengan housewife adalah seorang wanita yang memanajemen keluarganya.

Mendidik anak-anaknya, memenuhi kebutuhan primer keluarganya dirumah, baik untuk suami, anak-anak dan bahkan juga untuk dirinya sendiri.

cara mendapatkan uang tambahan untuk ibu rumah tangga

Cara Mendapatkan Uang Tambahan untuk IRT

Memelihara, menjaga dan mempercantik rumahnya, menyiapkan dan menjahit pakaian untuk keluarganya, dan segudang tugas dan tanggung jawab seorang ibu rumah tangga lainnya.

Ibu rumah tangga pada umumnya tidak bekerja di luar rumah, sehingga istilah kebalikan dari ibu rumah tangga adalah wanita karier.

Namun, menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti menutup diri dari sumber penghasilan.

Diera digitalisasi ini banyak ibu rumah tangga yang berpenghasilan besar, bahkan mungkin lebih besar dari seorang wanita karir atau bahkan suaminya sendiri.

Menawarkan berbagai jenis produk dan jasa, baik secara daring maupun luring.

Dengan bantuan internet saat ini, semakin membuka peluang bagi seorang ibu rumah tangga untuk mengeluarkan segala kemampuannya untuk menghasilkan uang tambahan, melalui blog dan situs media sosial.

Nyonya Rumah didalam postingan pertamanya ini, ingin memberikan sebuah informasi yang sangat bermanfaat khususnya bagi ibu rumah tangga yang bukan sekaligus menjadi wanita karir.

Mendapatkan Uang Tambahan bagi Ibu Rumah Tangga

Mengetahui Kemampuan Diri

Dalam memulai mencari cara untuk menghasilkan uang, seorang ibu rumah tangga harus memahami kemampuan dan keunggulan yang dimilikinya.

Adapun caranya:

1.  Jelajahi minat dan hobby Anda

Mulailah mencari uang tambahan dengan mengetahui hal-hal yang Anda sukai. Atau hal-hal yang cukup menarik minat Anda.

Jangan salah, hobby sering kali berubah menjadi sebuah ladang penghasilan yang menggiurkan, apalagi jika Anda memiliki pengalaman atau kemampuan untuk mendukungnya.

Untuk itu, mulailah membuat daftar minat Anda saat ini, tulis semua yang mungkin menarik untuk Anda.

Dengan menuliskan minat yang Anda sukai, Anda akan dapat mengetahui cara-cara potensial dalam menghasilkan uang tambahan, atau dengan kata lain, kesempatan Anda untuk mendapat uang sesuai minat yang Anda sukai.

Contoh:

Jika Anda menyukai taman, masakan, olahraga, matematika, atau bahkan mungkin perbaikan otomotif, tinggal Anda sebut dan tulis saja daftar minat yang Anda sukai, dan seluruhnya dapat menjadi kesempatan untuk Anda dalam mendapatkan uang tambahan.

Selain menulis dan mencatat dalam daftar minat yang Anda sukai, Anda juga mesti mengetahui juga hal-hal yang benar-benar tidak suka Anda lakukan.

Karena, walaupun terkadang Anda terpaksa untuk melakukan hal yang tidak Anda sukai (apalagi jika hal tersebut dapat menghasilkan uang), contohnya: Menulis, maka Anda dapat menjadikan hal-hal tersebut sebagai opsi terakhir.

2. Ingat kembali pengalaman Anda sebelum menjadi ibu rumah tangga

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Pengalaman Anda seperti pekerjaan masa lampau sebelum Anda menjadi seorang istri atau ibu rumah tangga, pendidikan, dan bahkan hobi Anda, juga dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana cara Anda mendapat uang tambahan sebagai ibu rumah tangga.

Contoh:

Jika dulu Anda adalah seorang guru atau pernah mengajar sebelumnya, Anda bisa menjadikan mengajar sebagai sumber pendapatan tambahan Anda walaupun Anda seorang ibu rumah tangga.

Atau mungkin, Anda memiliki pengalaman lain, seperti kesenian, administrasi perkantoran, menulis, memelihara hewan seperti kucing, atau bahkan menjaga dan mengasuh balita? Pengalaman-pengalaman tersebut juga dapat membantu Anda dalam menghasilkan uang sebagai ibu rumah tangga.

3. Ketahui kemampuan diri Anda

Mengetahui kemampuan diri adalah salah cara yang terbaik dalam menemukan peluang untuk mendatangkan penghasilan.

Kemampuan melakukan hal yang tidak dapat dilakukan orang lain bisa jadi membuka kesempatan kerja untuk Anda.

Contoh:

Anda ahli dan jago dalam memasak. Atau Anda ahli serta menguasai beberapa bahasa, maka Anda dapat menjadikan kemampuan tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan Anda.

Gabungkan minat, pengalaman dan kemampuan Anda untuk menemukan ide potensial dalam mendapat penghasilan tambahan sebagai ibu rumah tangga.

4. Siapkan diri Anda

Anda harus memahaminya, dan harus siap untuk menyeimbangkan kegiatan Anda dalam mencari uang tambahan dengan kesibukan Anda menjadi seorang ibu rumah tangga.

Konsekuensi yang akan Anda hadapi nantinya tidak jauh berbeda dengan seorang wanita karir yang juga menjadi seorang ibu rumah tangga.

cara mendapatkan uang tambahan untuk ibu rumah tangga
Perbedaannya adalah jika wanita karir bekerja diluar rumah, maka Anda berusaha sendiri dan bekerja dari rumah serta Anda hanya ingin mendapatkan uang tambahan atau hanya ingin mengisi waktu luang Anda sebagai ibu rumah tangga dirumah.

Kesibukan sebagai seorang ibu rumah tangga tidak bisa Anda abaikan, sangatlah padat, bahkan lebih berat dari pekerjaan penuh.

Mencari uang tambahan sembari mempertahankan status Anda sebagai ibu rumah tangga tentu akan memangkas waktu Anda dari kegiatan rumah tangga.

Perhatikan waktu yang Anda gunakan saat ini, dan pahami kegiatan-kegiatan yang dapat dipersingkat untuk menyediakan Anda waktu untuk bekerja dalam mencari uang tambahan sebagai ibu rumah tangga.

Contoh:

Jika Anda menghabiskan waktu beberapa jam untuk membersihkan rumah, mulailah untuk memangkas waktunya lebih jarang lagi, atau mintalah orang lain untuk bekerja membersihakan rumah Anda.

Merawat anak memerlukan banyak waktu. Dan Anda mungkin harus menitipkan anak di tempat penitipan anak atau pada kerabat agar Anda dapat bekerja, atau Anda dapat memanggil pengasuh kerumah untuk beberapa jam saja ketika Anda bekerja mencari uang tambahan sebagai ibu rumah tangga.

Memilih Cara Mendapat Uang

Setelah Anda memahami semua konsekuensi yang akan Anda hadapi ketika Anda memutukan untuk mulai bekerja atau mulai mencari uang tambahan dirumah sebagai ibu rumah tangga..,

Anda memahami dan mengetahui kemampuan diri, bakat dan minat Anda maka kini saatnya Anda memilih cara untuk mendapatkan uang tambahan sebagai ibu rumah tangga.

1. Mengasuh anak orang lain

Ibu rumah tangga biasanya memiliki kemampuan dan sumber daya yang berguna bagi orang tua lain.

Banyak orang tua khususnya ibu rumah tangga yang juga pekerja (wanita karir) mencari layanan penitipan anak, dan berani mengeluarkan biaya yang besar ditempat penitipan anak.

Anda mungkin dapat menemukan orang tua yang mau menggaji pengurus anak pribadi demi untuk penghematan.

Jika Anda siap untuk menjadi pengasuh anak orang lain, maka mulailah untuk mengiklankan jasa Anda di situs media sosial atau buatlah poster.

2. Jadi pengajar, baik daring atau luring

Jika Anda memiliki kemampuan dan pengetahuan dibidang tertentu, terutama pelajaran sekolah atau bahasa asing, maka Anda bisa membuka tempat les privat atau kursus.

Anda dapat mengiklankan jasa les privat Anda melalui situs web atau blog pribadi Anda, atau bisa juga melalui situs-situs media sosial seperti facebook.

Atau Anda dapat memasarkan jasa les privat Anda kepada teman, keluarga atau tetangga, atau bahkan disekolah-sekolah ketika Anda mengantar anak Anda sekolah.

Untuk mengajar daring atau online, Anda dapat mengunjungi situs seperti tutor,com atau bisa juga mengisi dan menjadi pengajar di aplikasi ruang guru.

3. Jual produk buatan Anda sendiri

Jika Anda dapat membuat sesuatu yang berharga, biasanya hasil kreasi sendiri dan barang tersebut bernilai sehingga dapat dijual.

cara mendapatkan uang tambahan untuk ibu rumah tangga

Anda bisa menjual kue, foto, benda seni, pakaian, dan berbagai produk lainnya.

Setelah Anda mengetahui barang yang bisa untuk dijual, Anda juga harus mengetahui juga bagaimana cara untuk menjualnya.

Seorang pemula biasanya menggunakan jejaring sosial untuk mengiklankan produk buatannya.

Dan jika Anda ingin memasarkan produk Anda secara online di media sosial seperti Facebook, buatlah halaman Facebook usaha Anda, dan unggah foto produk ke halaman tersebut.

Halaman Facebook dapat membantu Anda berbagi kegiatan dengan teman-teman Facebook Anda, dan mungkin menjual beberapa produk Anda sendiri.

Untuk menjual produk-produk tertentu seperti foto Anda dapat menggunakan situs seperti Shutterstock dan Istock.

Untuk produk hasta karya Anda bisa memasarkannya di Etsy dan Raverly untuk menjual produk pola rajutan.

Anda juga bisa memasarkan produk Anda di situs seperti tokopedia dan bukalapak sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan pembeli lokal.

Jika Anda seorang yang memiki target dan cukup ambisius, maka buatlah situs web atau toko online sendiri, dan beriklanlah secara online di Google Adword/ Adsense untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke toko Anda.

Anda juga bisa menjadi dropsipper di tokopedia ataupun bukalapak, dengan menjual kembali produk orang lain.

4. Jadi penulis lepas atau menjadi blogger

Jika Anda bisa menulis, mengetahui banyak hal mengenai topik tertentu, atau memiliki pengalaman dan perspektif berbeda mengenai sesuatu hal, Anda bisa mendapat uang tambahan sebagai ibu rumah tangga (IRT) dengan menjadi menulis lepas.

Atau bahkan jika Anda bukan penulis profesional, namun suka menulis atau bercerita, Anda bisa membagikannya kepada orang lain dengan menjadi blogger.

Karena menjadi blogger tidak harus seorang penulis professional, yang penting dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Membuat blog saat ini sangat mudah, situs seperti Blogger.com memungkinkan Anda membuat blog secara gratis, atau Anda bisa menggunakan program seperti WordPress dengan biaya sekitar Rp50.000 per bulan.

Atau Anda bisa membuat blog dengan hosting blogger dan domain TLD dengan biaya sekitar 150 hingga 250 ribu setahun.

Namun, menghasilkan uang tambahan dari blog bisa menjadi sedikit sulit, karena uang yang Anda dapatkan bergantung pada jumlah pembaca blog Anda.

Karena itu untuk memulai menjadi blogger belajarlah terlebih dahulu secara online, atau jika Anda punya teman yang sudah berhasil ngeblog, Anda bisa minta diajarkan.

Cara lain menghasilkan uang tambahan sebagai IRT dengan menjadi penulis lepas adalah dengan mencari lowongan di kolom lowongan khusus penulis, ataupun mencari blog-blog yang menerima dan membayar penulis tamu/ blog quest posting.

Pilihan Alternatif untuk Mendapat Tambahan Pemasukan bagi IRT

1. Mencari dan menggunakan Kupon Diskon atau Gratis

Terkadang, penghasilan tidak selalu datang dari pendapatan yang lebih besar, namun juga dapat bersumber dari berkurangnya pengeluaran.

Menggunakan kupon diskon dan promosi dengan strategi tertentu dapat memperbesar pemasukan Anda.

Temukan dan kumpulkan kupon-kupon untuk mengurangi biaya hidup Anda sehari-hari.

Kupon dapat ditemukan dari berbagai sumber, misalnya koran, majalah atau bahkan situs-situs belanja online.

Anda juga dapat mencetak dan menggunakan kupon dari situs pabrikan produk yang akan Anda beli.

Anda juga dapat menggunakan ponsel untuk menemukan kupon dan mencocokkannya dengan promosi di daerah Anda.

Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah OVO, t-cash telkomsel dan sebagainya yang memungkinkan Anda mendapatkan promosi harga untuk produk dan jasa didaerah Anda.

2. Menghasilkan uang dari aktivitas dunia maya Anda

Ada banyak situs yang akan membayar Anda saat Anda melakukan aktivitas didunia maya seperti mencari informasi, menonton video, menyelesaikan survei, berbelanja online, atau bermain game.

Situs seperti Swagbucks dan Ebates adalah situs untuk menemukan informasi terkini mengenai cara mencari uang dari aktivitas online Anda.

Di Swagbucks Anda akan mendapat mata uang saat melakukan aktivitas-aktivitas dari dalam situs mereka.
Hasil di Swagbucks dapat Anda tukarkan menjadi uang ataupun voucher belanja.

Misalnya, saat Anda menghabiskan satu dolar untuk berbelanja lewat toko Swagbucks (yang menyediakan produk dari ribuan toko besar didunia), Anda akan menerima satu Swagbucks, yang nilainya sama dengan 1% uang yang Anda belanjakan (uang kembali).

Ebates menawarkan skema uang kembali yang sama, namun cakupannya lebih sempit dibanding Swagbucks.

Anda hanya dapat berbelanja lewat Ebates saja, sementara Swagbucks menawarkan banyak aktivitas lainnya.

Selain Ebates dan Swagbucks, masih banyak situs lain yang menawarkan uang untuk aktivitas daring. Gunakan search engine seperti Google untuk menemukannya.

Telitilah sebelum membeli untuk memastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan produk yang dibeli, lalu temukan produk termurah.

3. Mengulas produk di internet

Berbagai situs yang mengulas produk akan membayar Anda secara langsung, atau menawarkan Anda diskon produk setelah Anda menulis ulasan produk disana.

Gunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan situs penyedia ulasan produk.

Usertesting dot Com adalah situs populer yang memungkinkan Anda mengulas situs dan aplikasi secara daring.
Setelah membuat ulasan, Anda akan dibayar melalui PayPal.

Meskipun ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan melalui situs ini, namun yang pasti Anda tetap bisa mendapat uang tambahan sebagai IRT.

Snagshout adalah situs populer lainnya yang memungkinkan Anda mendapat diskon besar untuk produk yang dibeli di Amazon, jika Anda menulis ulasan produk setelah Anda menerimanya.

Diskon-diskon yang Anda dapatkan bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga Anda.

Mengatur Waktu

1. Buatlah jadwal

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, Anda memilih cara mendapat uang tambahan sebagai ibu rumah tangga, yang mana pada umumnya sebagai IRT Anda memiliki sedikit waktu.

Jika Anda memiliki anak atau tanggung jawab lain, Anda harus mengatur waktu dengan sangat saksama.

cara mendapatkan uang tambahan untuk ibu rumah tangga

Membuat jadwal dan mengatur waktu adalah langkah terpenting dalam memanajemen waktu Anda.

Atur dan sisihkan waktu Anda setiap harinya untuk mencari uang dengan cara pilihan Anda dan mengurus rumah tangga Anda.

Untuk menyisihkan waktu, sedetail mungkin, tuliskan kegiatan harian Anda setiap harinya, dengan alokasi waktu untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan.

Cobalah untuk menemukan waktu kosong, atau waktu yang tidak terlalu sibuk, untuk mulai bekerja mencari uang tambahan sebagai ibu rumah tangga.

2. Hilangkan aktivitas yang tidak perlu

Jika Anda kesulitan menemukan waktu kosong Anda, maka hilangkan aktivitas-aktivitas Anda yang tidak perlu.

Aktivitas yang tidak perlu adalah aktivitas yang dapat dihilangkan tanpa memberikan efek yang serius.

Secara tidak disadari, banyak dari kita menghabiskan waktu melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak perlu.

Perhatikan keseharian Anda.

Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membuka Facebook setiap harinya, atau beberapa jam menonton TV, atau bahkan mungkin Anda biasa menghabiskan waktu berjam-jam ketika membeli sayur pada tukang sayur dikomplek rumah Anda serta bergosip ria dengan tetangga disana.

Meskipun Anda benar-benar berhenti melakukan semua kegiatan yang menghabiskan waktu Anda berjam-jam tadi, kurang baik juga, Anda hanya perlu memangkas durasi menonton TV Anda menjadi sejam atau durasi ber-Facebook-an Anda menjadi setengah jam.

Waktu kosong yang Anda sisihkan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih positif dan produktif.

3. Buatlah target harian, mingguan, dan bulanan

Untuk mengatur waktu dengan lebih baik dan mencegah Anda melakukan hal yang tidak perlu, mulailah dengan membuat target yang ingin Anda capai.

Mulailah dengan target harian terlebih dahulu. Setelah berhasil Anda bisa meningkatkan targetnya menjadi mingguan, bulanan hingga sampai tahunan.

Buatlah daftar hal yang ingin Anda selesaikan setiap harinya, misalnya, jika Anda memutuskan mencari penjaga atau pengasuh anak Anda, maka cobalah dengan membuat target "beriklan setiap hari".

Anda bisa membuat target kapan saja, sesuai kehendak Anda.

Jika Anda menggunakan target harian, menyisihkan 10 menit di malam hari untuk merencanakan hari esok adalah strategi yang cukup baik.

Simpanlah target Anda di tempat yang mudah diakses agar Anda dapat tetap fokus pada pekerjaan menghasilkan uang tambahan sebagai ibu rumah tangga, dan mencegah Anda melakukan hal yang tidak perlu.
Nyonya Rumah
Nyonya Rumah Seorang ibu rumah tangga yang bekerja dan suka traveling

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang Tambahan untuk Ibu Rumah Tangga"