Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit! Cukup Lakukan di Rumah Selama 15 Menit, Rasakan Bedanya!

Mengecilkan perut buncit, selain dengan mengonsumsi jus diet untuk mengecilkan perut buncit, juga harus dibarengi dengan olahraga yang teratur.

olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Memiliki perut yang langsing merupakan idaman setiap orang, apalagi bagi kaum hawa, karena tubuh yang langsing bagi kaum hawa dapat menaikkan tingkat kepercayaan diri mereka.

Lemak yang berlebih dapat membuat perut menjadi buncit. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, seperti jus buah dan sayuran, olahraga di rumah juga bisa menjadi solusi.

Apalagi bagi kaum hawa, sangat sulitnya untuk meluangkan waktu untuk pergi ke pusat kebugaran.

Menjalankan pola hidup sehat tanpa dibarengi dengan sesi olahraga di rumah, akan terasa sia-sia. 

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Nah, bagaimana cara mengecilkan lemak perut dengan olahraga di rumah? Berikut ini jenis-jenis olahraga yang dapat Anda dilakukan dirumah untuk melangsingkan perut!

Sebelum itu, siapkan matras atau alas apapun serta pakaian olahraga yang nyaman.

Pilih tempat dilingkungan rumah Anda, yang sekiranya dapat membuat leluasa bergerak saat melakukan rangkaian olahraga mengecilkan perut.

Misalnya di taman belakang rumah yang terbuka, didepan tv ruang keluarga  ataupun di kamar. 

Jangan lupa untuk menyediakan air minum yang cukup karena olahraga di rumah ini akan membakar lemak perut Anda selama 15 menit!

1. HIIT

Menurut sains, High Intensity Interval Training (HIIT) adalah salah satu jenis olahraga untuk mengecilkan perut yang ampuh.

pilates olahraga pengecil perut

HIIT adalah metode latihan kardio intensitas tinggi yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, yakni sekitar 10-30 menit dalam 1 kali latihan.

Setelah melakukan olahraga ini, dipercaya metabolisme tubuh akan meningkat dan tubuh akan terus membakar lemak, bahkan ketika beristirahat.

Hal ini didasarkan pada hasil penelitian, terhadap orang dewasa yang berpartisipasi dalam olahraga mengecilkan perut.

Hasil penelitian, terhadap orang dewasa, HIIT yang  dilakukan tiga kali seminggu menghasilkan hal yang sama dengan orang yang melakukan sesi kardio sedang selama 30 menit setiap harinya.

Pelatih selebriti dan ahli nutrisi Jillian Michaels mengatakan bahwa melakukan berbagai latihan yang menggabungkan kardio, kekuatan, dan otot inti pada akhirnya akan membantumu mengurangi lemak tubuh, terutama pada area perut.

"Saya penggemar berat latihan yang berfokus pada inti tapi melatih beberapa kelompok otot secara bersamaan dengan komponen HIIT untuk menambah pembakaran kalori," kata Michaels seperti dilansir dari Prevention.

2. Pilates

Sekilas, pilates mirip dengan yoga. Meski gerakannya mungkin terlihat serupa, yoga dan pilates adalah dua hal yang berbeda.

pilates olahraga pengecil perut

Pilates bisa dikatakan versi modern dari yoga. 

Pilates pertama kali dikembangkan pada sekitar abad 20-an oleh seorang atlet veteran asal Jerman bernama Joseph Pilates.

Pada prinsipnya pilates menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga agar keduanya bisa saling bekerja sama membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Senam pilates melibatkan serangkaian gerakan yang lambat tapi terfokus dan disertai pernapasan dalam.

Selama melakukan pilates, Anda dianjurkan untuk menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam dan menyeluruh seperti untuk membantu mendetoks tubuh Anda.

Asupan oksigen memainkan peran penting dalam kelancaran sirkulasi darah yang bantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, nyonya rumah bisa mencoba pilates, terutama gerakan pilates hundred. 

Cara mengecilkan perut dengan olahraga pilates ini akan menargetkan otot perut bagian dalam sehingga membantumu lebih cepat langsing.

Gerakan pilates hundred dilakukan sambil tiduran di atas matras yoga. Kemudian angkat kedua kaki ke atas dengan tubuh membentuk 90 derajat. Setelah itu, tekuk lutut seperti sedang di letakkan di atas meja. 

Angkat dada dan punggung bagian atas untuk melatih otot perut. Pompa lengan atas ke bawah sambil menahan dada dan leher agar tidak menyentuh lantai. Ulangi 2 atau 3 kali.

3. Mountain climbers

Satu lagi olahraga mengecilkan perut yang bisa dilakukan di rumah adalah mountain climbers. Mulai gerakan dengan posisi seperti push-up. 

Kemudian gerakan kedua kaki seperti berlari secara bergantian kiri dan kanan. Ulangi 20 kali repetisi.

4. Side plank

Side plank juga termasuk salah satu jenis olahraga mengecilkan perut. Berbaringlah menghadap kanan di atas matras yoga. 

site plank olahraga mengecilkan perut
istock

Kemudian seimbangkan berat badan pada lengan dan kaki kanan.

Angkat pinggung ke udara membentuk garis lurus dari pundak hingga kaki. 

Sambil menjaga tubuh tetap stabil, angkat kaki kiri tanpa menekuk lutut. Lakukan selama 15 detik lalu kembali ke posisi awal. Ulangi 20 repetisi.

Demi kesehatan yang lebih baik dan perut kurus tak berlemak, 4 gerakan olahraga mengecilkan perut di rumah tersebut harus dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan makanan yang sehat. 

Selamat berolahraga!

Nyonya Rumah
Nyonya Rumah Seorang ibu rumah tangga yang bekerja dan suka traveling

Posting Komentar untuk "Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit! Cukup Lakukan di Rumah Selama 15 Menit, Rasakan Bedanya! "