Skip to main content

Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat dengan Cara Mengontrol Kecanduan Makanan

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa didalam tubuh ada hormon-hormon tertentu yang bertanggung jawab terhadap kecanduan pada seseorang. (Hunger hormones)
menurunkan berat badan dengan mengontrol makanan
Kecanduan dapat terjadi pada siapapun, dan baru-baru ini para ilmuwan yang memfokuskan penelitian pada hormon usus dalam upaya mereka memahami tentang makan berlebihan dan obesitas menemukan bahwa makan berlebihan juga termasuk jenis kecanduan.

Hasil penelitian menemukan bahwa makan secara berlebihan juga termasuk kecanduan, sebab ada orang yang hanya makan sedikit dan ada yang tidak dapat mengendalikan nafsu makan mereka, sehingga menyebabkan obesitas.

Bahkan hal ini tidak hanya mengarah pada obesitas, tetapi juga pada gangguan mental tertentu, seperti "pesta makan" dan bahkan depresi.

Baca: Menurunkan Berat Bedan dengan Air Putih

Mengontrol Makanan untuk Menurunkan Berat Badan


Nyonya Rumah telah mengumpulkan beberapa saran hebat dari ahli gizi dan spesialis makanan untuk membantu Anda melawan kecanduan makanan dan menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Ganti makanan olahan dan pemanis dengan makanan alternatif yang bergizi


Banyak peneliti mengatakan bahwa produk yang mengandung kadar gula tinggi, pemanis buatan, dan lemak menjadi penyebab kecanduan makanan, yang memicu reaksi kimia dalam tubuh. Seperti yang kami kutip dari Healthline.

Dan jenis makanan olahan mengandung hampir semua bahan tersebut.

Itulah sebabnya mengapa kita sebagai ibu rumah tangga harus berbelanja produk yang lebih sehat untuk keluarga kita dirumah.

Agar lebih mudah, ada baiknya kita membuat daftar belanja sebelum pergi berbelanja, sehingga kita dapat mengikuti daftar belanja tersebut dan terhindar dari belanja yang tidak terduga.

Kontrol porsi makan Anda


Jika Anda tidak dapat sepenuhnya mengecualikan makanan yang tidak sehat dari menu makanan Anda, para ahli gizi mengatakan bahwa Anda dapat mengurangi kecanduan itu dengan hanya makan dalam jumlah tertentu saja.

Misalnya, jika Anda ingin ngemil dan makan makanan ringan, beli paket paling kecil dan hanya seminggu sekali.

Selain itu, pelajari bagian mana dari produk tertentu yang aman dikonsumsi dan hanya makan satu porsi.

Jika Anda masih lapar setelah makan satu porsi, tunggulah sekitar 30 menit sebelum Anda makan makanan yang lainnya.

Selama waktu ini, kemungkinan keinginan atau nafsu makan Anda akan berlalu.

Makan makanan sehat secara teratur


Anda dapat mengurangi keinginan Anda untuk produk-produk makanan tertentu jika Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda dengan makanan seimbang.

Kita semua tahu bahwa sarapan adalah makanan terpenting untuk menjalani hari.

Selain itu, beberapa profesional kesehatan mental mengatakan bahwa jika Anda memulai hari dengan memilih makanan yang sehat, maka biasanya akan berkontribusi dalam memasukkan strategi sehat ke dalam rutinitas harian Anda.

Ubah kebiasaan sosial Anda


Para ahli mengklaim bahwa kecanduan makanan sama halnya seperti pada jenis kecanduan lainnya, yang mana penderita harus memutus siklus kecanduan makan tersebut.

Artinya, Anda harus mengubah rutinitas harian Anda untuk membantu Anda dalam menyingkirkan kebiasaan makan yang tidak sehat yang sering dilakukan.

Cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk terlibat dalam kegiatan yang tidak termasuk makan.

Misalnya, alih-alih pergi keluar dengan teman untuk makan malam, Anda bisa pergi ke bioskop.

Makan dengan perlahan


Duduk di meja sambil makan, fokus pada makanan, dan kunyah dengan perlahan.

Hormon-hormon kita bertanggung jawab atas nafsu makan dan kontrol asupan kalori kita, dan dibutuhkan sekitar 20 menit bagi mereka untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan dan bahwa Anda sudah kenyang.

Jadi jika Anda makan dengan perlahan akan sangat mengurangi kemungkinan Anda makan berlebihan dan pada akhirnya akan menambah berat badan Anda.

Baca: DEBM - Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan

Perhatikan makan emosional Anda


Banyak orang berpikir bahwa makan banyak saat sedang kesal atau stres dapat sangat membantu.
Tapi sebenarnya itu hanya meningkatkan hasrat makan Anda saja, dan tidak ada hubungannya dengan pemecahan masalah.

Pertama, makan emosional sebagian besar terkait dengan pilihan makanan yang tidak sehat seperti permen, kue kering, pizza, dll.

Anda dapat menghindari ini dengan menemukan cara sehat untuk mengatasi stres, seperti olahraga, berbicara dengan teman, atau bahkan dengan membaca dan menonton serial drama korea di TV.

Dan jika dilakukan secara teratur, akan sangat membantu mengurangi stres Anda, serta membantu Anda menurunkan berat badan.

Hindari kafein


Tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mengatasi stres sehari-hari, dan kafein, sebagai stimulan, dapat sangat mengganggu waktu istirahat Anda.

Selain itu, seperti yang  ditunjukkan oleh penelitian, bahwa ada korelasi antara kurang tidur dan penambahan berat badan.

Jadi, mengurangi asupan kafein dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Masak makanan di rumah


Masak makanan sendiri di rumah lebih sehat dibandingkan dengan membeli makanan jadi, karena hal ini dapat memberi Anda lebih banyak kontrol terhadap makanan yang Anda masak.

Seperti misalnya Anda tahu persis berapa banyak garam, gula, atau lemak yang harus Anda masuk kedalam masakan Anda.

Anda bisa memiliki ide yang lebih baik tentang cara mencapai sasaran nutrisi dan kalori Anda.
Akui setiap kemajuan yang Anda capai

Manjakan diri Anda


Sebagai contoh, Anda dapat menghargai diri sendiri dengan pergi ke spa atau apa pun yang benar-benar Anda nikmati, setelah seminggu berolahraga secara teratur.

Atau, tetapkan tujuan makan sehat ANda selama sebulan, lalu rayakan dengan melakukan perjalanan akhir pekan bersama teman yang Anda sukai.

Para ahli percaya bahwa sistem penghargaan semacam ini sangat membantu mengatasi kecanduan makanan.

Jaga tubuh Anda


Studi menunjukkan bahwa pijatan dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari program penurunan berat badan.

Pijatan sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan otot, mempengaruhi area masalah tubuh dan meningkatkan kesegaran tubuh Anda secara umum.

Anda juga dapat menggunakan krim khusus untuk memijat diri sendiri di area yang bermasalah seperti perut, kaki, dan pinggul.

Baca: Anoreksia -  Rasa Takut yang Berlebihan akan Kegemukan

Berkonsultasi dengan Dokter


Berurusan dengan hasil dari kecanduan makanan bisa sangat luar biasa, jadi jangan pernah merasa malu untuk meminta bantuan.

Jika Anda merasa memiliki kelainan makan, segera bicarakan dengan dokter.

Perawatan untuk gangguan ini seringkali termasuk terapi, kelompok pendukung, dan beberapa obat juga.

Apakah ada makanan yang membuat Anda kecanduan? Atau, Anda memiliki cara sendiri dalam menghadapi kecanduan makanan ini? Bagikan pengalaman Anda dengan kami di kolom komentar dibawah ini!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar